Thursday, June 20, 2013

Tahap Kehamilan Trimester Pertama

Untuk para bunda yang sedang hamil dan  menunggu kehamilan, mengetahui tahapan-tahapan kehamilan merupakan pengetahuan yang seharusnya bunda ketahui sebagai bahan dalam melihat perkembangan sang janin. Bunda akan melalu 3 Trimester.


Trimester Pertama


Minggu Pertama : Pada tahap ini terjadi proses pembentukan antara sperma dan sel telur. Pada masa ini bunda tidak akan mendapat haid namun tidak semua bunda menyadarinya.

Minggu Kedua : Terjadi Proses Ovulasi. Dinding Rahim akan menebal dan telur yang telah dibuahi akan siap membelah.

Minggu ketiga : Telur dan sperma yang telah disenyawakan akan mulai terbentuk. Bunda akan mengalami morning Sickness. Di tahapan ini telah terjadi kehamilan.

Minggu Keempat : Terbentukny embrio. Bunda akan mengalami kenaikan hormon progesteron dan payudara mulai terasa lunak. Namun Bunda belum terlihat membesar pada perut. Beberapa bunda akan mengalami flek atau pendarahan ringan karena proses penempelan embrio pada rahim.

Minggu Kelima : Ukuran janin sebesar biji apel. Pada minggu ini terbentuknya 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm.

Minggu Keenam : Pada minggu jantung bayi sudah mulai berdetak. Ukuran janin sekitar 2-4 mm. Tabung saraf (otak, saraf tulang belakang dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat) mulai terbentuk dengan baik. Sistem pencernaan dan pernafasan juga sudah mulai dibentuk. Bunda akan mengalami sering buang air kecil.

Minggu Ketujuh : Jantung sudah terbentuk lengkap terbagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri. Pucuk lengan membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil.

Minggu Kedelapan :  Saluran pencernaan dan alat indera mulai berkembang, tulang mulai terbentuk yang menggantikan tulang rawan. Gerakan janin dimulai walaupun bunda belum bisa merasakannya.

Minggu Kesembilan : Perubahan dalam tubuh bunda sudah mulai terlihat, seperti payudara yang mulai membesar. Disini janin sudah terbentuk sempurna. Payudara bunda akan mulai membesar.

Minggu Kesepuluh : Bunda akan mengalami peningkatan nafsu makan dan perut akan terlihat membesar. Disini organ vital janin sudah berfungsi seperti ginjal, usus, otak dan paru-paru.
Minggu Kesebelas : Pada minggu ini morning sickness akan mulai berkurang. Masa kekhawatiran akan keguguran pun mulai berkurang. Semua bagian-bagiannya baik rambut, kuku jari tangan dan kuku jari kaki mulai tumbuh. Bunda sudah bisa merasakan gerakan kaki dan tangan sang janin.

Minggu Kedua belas : Janin sudah berukuran sekitar 7,6-10 cm dengan beratnya sekitar 28 gram. Wajah bayi sudah lebih mirip rupa manusia. Jari-jari tangan dan kaki sudah terpisah sepenuhnya. Pada masa ini sistem sirkulasi dan sistem kemih mulai bekerja dan hati sudah bisa menghasilkan empedu.

Untuk Trimester Kedua dan Ketiga will be continued ya bunda..

No comments:

Post a Comment